Tips 212, Sepeda Motor - Sepada motor adalah sebuah kendaraan yang paling efektif untuk melewati kemacetan di ibu kota, kendaraan beroda dua ini selain efektif juga populer di kalangan semua orang. Banyak juga film-fim besar mengunakan sepeda motor menjadi properti utama dalam film mereka.
Seringkali sepeda motor menjadi pilihan utama untuk bepergian jauh, karena lebih cepat dan biaya yang dikelUarkan juga relatif rendah dibandingkan menggunakan mobil. Akan tetapi banyak sekali yang meremehkan kesehatan mesin mereka sehingga tidak jarang banyak sepeda motor yang mogok di perjalanan. Faktor kesibukan menjadi hal yang mendominan sehingga lupa untuk merawat sepeda motor. Lalu bagaimana Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Awet dan Prima Saat Berkendara. Tips 212 kali ini akan membahas bagaimana Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Awet dan Prima Saat Berkendara.
7 Tips Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Awet dan Prima Saat Berkendara
Tips ini hampir kebanyakan akan membahas bagaimana hubungan pemilik dengan sepeda motor , sehingga sepeda motor yang anda punya harus lah dirawat dengan rutin, dan orang ketiga pun juga ikut terlibat yaitu bengkel dan sebagainya yang bisa anda manfaatkan.
Selain hal diatas , untuk setiap awal pemakaian sepeda motor baru, masih dibutuhkan beberapa penyesuaian khususnya gesekan dengan berbagai komponen lain. Sehingga sangatlah penting untuk mengganti oli lebih awal pada KM 500 tadi dan seterusnya. Sebab oli lebih cepat tercampur dengan berbagai serpihan yang ada seperti logam akibat dari gesekan tadi yang berada pada komponen mesin.
Usahakan sebelum mencapai KM 500, sepeda motor jangan sampai membawa beban yang terlalu besar, cobalah untuk mengendarai dengan kecepatan maksimal, namun ingat harus dari kecepatan 0 hingga maksimal jangan sampai langsung kecepatan maksimal / gas full.
Sehigga saat sepeda motor dipanaskan terlebih dahulu, membuat oli naik dan merata dulu keseluruh bagian silider mesin sepeda motor sebelum diberikan beban yang cukup berat ataupun dibawa berkendara.Memanaskan mesin juga tidak usah terlalu lama , cukup lima menit . Jika terlalu lama ini sangatlah tidak baik untuk pendingin udara. Karena apabila mesin hidup cukup lama dan motor tidak juga berjalan, maka bagian mesin tidak akan mendapatkan pendinginan yang cukup baik.
Perioritas yang harus di perhatikan yaitu kapan menganti oli, agar mesin awet anda harus selalu rutin mengganti oli sepeda motor anda. Pada setiap kemasan oli yang anda gunakan untuk sepeda motor memiliki keterangan danpak dari keterlambatan mengganti oli. Tentu saja dampaknya sangatlah tidak baik. Oli yang sudah encer akan membuat oli semakin menipis dan menghilang , ini akan membuat mesin mudah rusak.
Akan tetapi hampir kebanyakan orang mengganti oli dari lamanya pemakaian, biasanya hitungan bulan. padahal cara seperti ini sangatlah tidak baik bagi mesin sepeda motor anda. Apalagi ada beberapa orang , yang jarang menggunakan kendaraan sehingga jika menggunakan hitungan hari atau bulan maka ini merupakan sebuah pemborosan.Disiplin dalam mengganti oli motor dan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli tersebut akan membuat motor tetap selalu awet dan prima saat berkendara.
Rutin dilakukannya penyetelan ulang dengan cara Tune up ke bengkel sepeda motor , agar sekaligus membersihkan debu-debu serta kotoran yang mengendap menyebabkan kinerja mesin menurun juga langsung dibersihkan. Untuk waktu yang ideal untuk tune up bisa dilihat pada buku petunjuk saat membeli sepeda motor. Namun jika merasa kendaraan ada yang terasa sedikit berbeda langsung saja dibawa ke bengkel, jangan diremehkan sekecil apapun.
Apabila sepeda motor menggunakan gigi manual , alangkah baiknya pemakaina gigi sesuai standard kecepatan motor. Seperti jika tanjakan maka kurangi gigi motor dan jika baru mulai berjalan jangan langsung memakai gigi 4. Oleh karena itu pakailah dengan sewajarnya.
1. Manfaatkan Garansi Sepeda Motor Anda
Jika sepeda motor anda baru , maka tips yang satu ini adalah hal yang mendasar dan paling penting. Jangan sampai saat kerusakan sudah parah baru di manfaatkan. Ada juga yang malah membuang ataupun hanya disimpan tanpa digunakan sama sekali.Anda harus memanfaatkan perawatan berkala gratis dealer pertama pada sebuah motor yang baru dibeli. Motor baru bisanya berikan gratis ganti oli dan servis hingga 3 kali jalan atau lebih. Yang pertama pada KM 500, kedua KM 1000 dan terakhir KM2000, tergantung dari perusahaan. Hal ini bukanlah sebuah bonus , dan kalau diambil maka bermanfaat tidak diambil tidak rugi. Karena secara logika , jika anda tidak mengambil bonus tersebut anda sangatlah rugi , sebab harga motor sudah masuk hitungan dalam bonus, jika bonus ditiadakan seharusnya harga sepeda motor lebih murah,hehe. Satu hal yang perlu diingat sepeda motor yang baru belum tentu mesin nya tidak akan bermasalah , oleh karena itu dari pihak pabrik memberikan perawatn geratis untuk mencegah kemungkinan tersebut. Oleh karena itu marilah manfaatkan dan jadikan ini sebagai tempat pengecekan dan perawatan setelah menempuh jarak yang sudah ditentukan mulai dari KM 500 , sesuai yang tertera pada garansi motor anda.Selain hal diatas , untuk setiap awal pemakaian sepeda motor baru, masih dibutuhkan beberapa penyesuaian khususnya gesekan dengan berbagai komponen lain. Sehingga sangatlah penting untuk mengganti oli lebih awal pada KM 500 tadi dan seterusnya. Sebab oli lebih cepat tercampur dengan berbagai serpihan yang ada seperti logam akibat dari gesekan tadi yang berada pada komponen mesin.
Usahakan sebelum mencapai KM 500, sepeda motor jangan sampai membawa beban yang terlalu besar, cobalah untuk mengendarai dengan kecepatan maksimal, namun ingat harus dari kecepatan 0 hingga maksimal jangan sampai langsung kecepatan maksimal / gas full.
2. Sebelum sepeda motor dipakai
Setiap kali menghidupkan sepeda motor, usahakan memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum dibawa berkendara. Apalagi jika kendaraan anda tidak dipake selama 8 jam atau malah lebih. Sederhananya sepeda motor yang jarang atau tidak digunakan mengakibatkan oli akan turun dari bagian ataupun sela-sela mesin yang sangat perlu diluminasi.Sehigga saat sepeda motor dipanaskan terlebih dahulu, membuat oli naik dan merata dulu keseluruh bagian silider mesin sepeda motor sebelum diberikan beban yang cukup berat ataupun dibawa berkendara.Memanaskan mesin juga tidak usah terlalu lama , cukup lima menit . Jika terlalu lama ini sangatlah tidak baik untuk pendingin udara. Karena apabila mesin hidup cukup lama dan motor tidak juga berjalan, maka bagian mesin tidak akan mendapatkan pendinginan yang cukup baik.
3. Rutin Mengganti Oli
Untuk standard dari pada kekentalan oli yang dipakai sepeda motor yaitu SAE . Indonesia sudah memenuhi standard tersebut khususnya untuk oli yang dijual dipasaran , oleh karena itu hal ini tidak dipermasalahkan lagi.Perioritas yang harus di perhatikan yaitu kapan menganti oli, agar mesin awet anda harus selalu rutin mengganti oli sepeda motor anda. Pada setiap kemasan oli yang anda gunakan untuk sepeda motor memiliki keterangan danpak dari keterlambatan mengganti oli. Tentu saja dampaknya sangatlah tidak baik. Oli yang sudah encer akan membuat oli semakin menipis dan menghilang , ini akan membuat mesin mudah rusak.
Akan tetapi hampir kebanyakan orang mengganti oli dari lamanya pemakaian, biasanya hitungan bulan. padahal cara seperti ini sangatlah tidak baik bagi mesin sepeda motor anda. Apalagi ada beberapa orang , yang jarang menggunakan kendaraan sehingga jika menggunakan hitungan hari atau bulan maka ini merupakan sebuah pemborosan.Disiplin dalam mengganti oli motor dan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli tersebut akan membuat motor tetap selalu awet dan prima saat berkendara.
4. Rutin Melakukan Tune Up
Tune Up adalah hal yang sangatlah penting untuk kendaraan anda dimana anda dapat mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen kendaraan yang aus. Setiap saat setelan sepeda motor anda bisa berubah akibat dari keausan tadi.Rutin dilakukannya penyetelan ulang dengan cara Tune up ke bengkel sepeda motor , agar sekaligus membersihkan debu-debu serta kotoran yang mengendap menyebabkan kinerja mesin menurun juga langsung dibersihkan. Untuk waktu yang ideal untuk tune up bisa dilihat pada buku petunjuk saat membeli sepeda motor. Namun jika merasa kendaraan ada yang terasa sedikit berbeda langsung saja dibawa ke bengkel, jangan diremehkan sekecil apapun.
5. Pemakaian Sepeda Motor
Disini hanya sedikit mengingatkan agar dalam pemakaian sepeda motor haruslah sesuai dengan prosedur dan sewajarnya saja. Jangan sampai meniru adegan di film yang menggeber-geber gas atau malah menarik gas secara sepontan hingga membuat sepeda motor anda terangkat. Ini nantiya akan membuat rantai mesin cepat aus, serta pada katup bahan bakar, kopling, piston dan stang piston.Apabila sepeda motor menggunakan gigi manual , alangkah baiknya pemakaina gigi sesuai standard kecepatan motor. Seperti jika tanjakan maka kurangi gigi motor dan jika baru mulai berjalan jangan langsung memakai gigi 4. Oleh karena itu pakailah dengan sewajarnya.
0 komentar:
Posting Komentar